Jumat, 10 Agustus 2007

MENGENAL CMS


Pendahuluan :

Seiring dengan perkembangan penggunaan internet di masyarakat, sebagian besar orang awam tentunya ada yang memiliki keinginan untuk membuat web yang dinamis sendiri. Karena website dinamis, akan memudahkan bagi pemilik web untuk selalu mengganti ganti content di dalamnya serta menampilkan brosur elektronik. Padahal untuk membuat web interaktif tentunya membutuhkan suatu ketrampilan dan kemampuan khusus di bidang pemrograman. Saat ini sebetulnya sudah ada software khusus yang mempermudah orang untuk membuat suatu Web interaktif. Kita sering mendengar istilah CMS di dalam kehidupan sehari hari. Dan belum banyak yang tahu apa sebenarnya CMS itu.

Dalam artikel kali ini saya akan coba mengupas sedikit banyak tentang CMS. Yang merupakan hasil dari kombinasi beberapa artikel yang sudah saya baca sebelumnya. Dan diharapkan dengan ini akan bisa membuka cakrawala baru bagi para Webmaster ataupun orang orang awam yang ingin membuat dan mengelola suatu Web beserta content nya.

Tentang CMS

CMS adalah singkatan dari Content Mangement System, merupkan software atau perangkat lunak yang digunakan untuk menambah dan/ atau mengelola isi website. CMS bisa berbasis Web atau aplikasi desktop biasa. Namun yang paling banyak digunakan saat ini adalah yang berbasis Web. Dengan CMS kita bisa menambah dan mengelola isi website asalkan diberi hak oleh Administrator. Item item yang bisa di tambah ataupun di rubah di dalam nya beruba Logo, gambar dan teks yang di kategorikan sebagai content.

Inti dari CMS adalah melakukan perubahan atau penambahan isi situs pada bagian-bagian yang sifatnya bisa berubah, misalnya halaman berita terbaru, halaman produk atau jasa, halaman foto dan lain sebagainya. Data dari CMS tersebut disimpan dalam suatu database dan dicari atau ditampilkan dengan cepat.

Content Management yang baik biasanya dilengkapi dengan daftar keanggotaan user, biasanya untuk modul-modul tertentu seperti download, gallery atau informasi untuk kalangan tertentu oleh pengelola website mengharuskan setiap user untuk mendaftar sebagai anggota. Selanjutnya user akan mendapat password dari email yang didaftarkan melalui registrasi user. Proses selanjutnya system akan mengautentikasi nama dan password user. Fasilitas lain yang sering ditemui dalam Content Management System adalah pembuatan bulletin dan fungsi publishing, sistem ini sering kita jumpai dalam bentuk newsletter atau forum tertentu.Sistem lain yang sering mendapat perhatian luas dari komunitas pengembang software CMS adalah masalah keamanan dan sistem approval, bugs dapat saja ditemukan setelah versi stabil di publikasi untuk selanjutnya akan ‘ditambal’ oleh developer. Pengelolaan alamat email, statistik website, obyek produk yang ingin disampaikan dan tampilan website juga termasuk fungsi yang sering ikut dalam satu paket software CMS.

Secara sederhana dapat disebut bahwa Content Managent System adalah sistem yang mengelola seluruh isi dan tampilan. Untuk mengerti secara mendalam tentang CMS, perlu dijelaskan hal-hal sebagai berikut :a) Pengertian tentang Content atau isi.b) Maksud dari kata management, danc) Apa yang dimaksud tentang System

a. Apa itu Content?
Sederhananya dapat dijelaskan bahwa content adalah setiap jenis atau ‘unit’ informasi digital yang digunakan untuk mengisi tiap halaman. Content dapat berupa teks, gambar, animasi, suara dll. atau dengan kata lain semua hal yang akan diperlihatkan ke publik melalui internet, intranet atau extranet.

b. Apa itu Content Management ?
Content Management atau pengelolaan isi suatu website seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu menggabungkan aturan, proses dan alur kerja seperti cara-cara sistem terpusat oleh webmaster dan sistem terdistribusi, pemilik atau penyumbang isi dapat membuat, mengubah dan mem-publish seluruh isi halaman sesuai dengan alur sistem.

c. Apa itu Content Management System?
Sistem itu sendiri dijelaskan sebagai suatu alat atau gabungan dari alat yang efisien, efektif dan memudahkan pembuatan halaman web menggunakan sistem pengelolaan isi website. Dapat dikatakan bahwa CMS adalah suatu alat yang dapat memusatkan kemampuan teknis dan menyebarkan kemampuan non teknis kepada anggota tim untuk membuat, mengubah, mengelola dan mem-publish sejumlah isi website seperti teks, gambar, animasi, suara dll dengan aturan, proses dan alur kerja yang sudah baku sehingga website dapat terlihat sesuai keinginan

Contoh - contoh CMS ( Content Management System ) yang banyak digunakan adalah
- Mambo
- phpNuke
- PostNuke
- Xaraya
- MDPro
- Xoops
- ezPublish
- AuraCMS dan lain lain.

Pemilihan penggunaan CMS bisa tergantung dari kebutuhan dan kemampuan yang ada. Walaupun gratis tetapi ketangguhannya tidak diragukan karena dikembangkan oleh puluhan orang dari berbagai belahan dunia.


Kelebihan CMS :

Kelebihannya adalah Anda bisa melakukan update (perubahan) isi situs dari mana saja selama Anda terhubung ke internet dan tool atau alat yang digunakan hanyalah web browser. Selain itu dengan CMS maka Anda bisa melakukan update atau perubahan isi situs tanpa harus mengutak-atik layout atau struktur dari situs Anda.
CMS berbasis web bisa dibuat dengan berbagai macam bahasa pemrograman scripting untuk web seperti misalnya ASP, PHP, JSP atau Java. Pada dasarnya Anda bisa membuat sendiri CMS untuk situs Anda atau Anda juga bisa memanfaatkan module-module atau aplikasi CMS yang sudah ada di internet. Jika Anda ingin membuat sendiri CMS Anda maka syaratnya adalah situs Anda harus sudah memiliki struktur layout yang fix (tetap).

Content Management System (CMS) bahkan dapat digunakan oleh orang yang tidak cukup mengerti pemrograman teknis. Menambah, mengubah atau menghapus isi website secara langsung dapat dilakukan tanpa mengetik script pemrograman, Perubahan isi website dapat dilakukan melalui internet dengan mudah, cepat dan tanpa menginstall software apapun atau memiliki kemampuan teknis bahasa pemrograman. Ini berarti bahwa masalah yang dihadapi oleh webmaster seperti memasukkan atau mengubah satu persatu isi atas permitaan atasan atau orang lain sudah tidak diperlukan lagi. CMS tidak dibatasi oleh jumlah halaman, gambar dan teks.


Keuntungan Menggunakan CMS:

Beberapa waktu lalu ketika website dibuat hanya oleh satu webmaster saja, cukup mudah untuk membuat beberapa halaman website statis. Seiring berjalannya waktu fungsi website berkembang menjadi fasilitas untuk menampilkan brosur elektronik dan menyebabkan meningkatnya penggunaan intranet, ekstranet juga internet. Pertukaran informasi internal dan eksternal organisasi telah mengubah wajah dunia internet sejak itu.

Teknologi dan metode lama untuk membangun halaman web tidak hanya menghabiskan banyak waktu tetapi juga tidak efisien dan memakan biaya yang besar. Contohnya, mengubah kata pada halaman web dengan metode lama harus dilakukan oleh seseorang yang mengerti HTML. Proses ini bukan hanya menghambat seluruh pembuatan informasi dan isi oleh webmaster tapi juga tidak efektif karena banyak waktu yang terbuang. Bandingkan dengan CMS yang dapat mengubah apapun hanya melalui halaman administrator.Keinginan meningkatkan jumlah informasi dalam website dan kebutuhan untuk menggabungkan sistem menjadi lebih besar dan kompleks kedalam proses web publishing telah mengubah situasi ini menjadi suatu kesimpulan bahwa pengelola website tidak lagi dapat menampung permintaan yang terus meningkat. Mereka akan kewalahan dengan permintaan yang tiada habisnya.


Penutup :

CMS merupakan suatu salah satu software pilihan yang dapat di jadikan alternatif untuk pembuatan suatu Website, hal ini merupakan aset penting bagi perusahaan untuk mengelola content situs web dan portal secara efisien dan efektif. Untuk itulah pemilihan CMS yang akan diterapkan di perusahaan tidak bisa dianggap remeh.Karena Web yang dibuat dari CMS tadi akan mewujudkan interaksi yang lebih personal dengan para usernya dan meningkatkan kinerja perusahaan dengan menyediakan layanan mandiri bagi para karyawan, partner, penyedia barang dan pelanggan.


Refensi :

- Majalah SDA Magazine Edisi Maret 2005 : oleh Resha
- http://duwex.wordpress.com/2007/
- http://www.diklatinstansi.com/2006/03/29/content-management-system-pada-websiteblog/

Tidak ada komentar: