Rabu, 01 Agustus 2007

Bagaimana Membuat Blog Buat Pemula

Sekarang ini telah banyak sekali situs situs pribadi yang muncul di internet. Hal tersebut karena di dukung oleh adanya Blog. Biasanya blog blog pribadi tersebut di buat di free blog provider ( pemberi hosting / domain blog ). Blog merupakan otomatisasi dari beberapa extensi bahasa pemrograman, seperti .html .php atau .asp. Dalam blog provider tersebut kita tinggal melakukan omptimasi terhadap blog yang akan kita buat.

Biasanya di dalamnya di lengkapi fitur fitur untuk memudahkan pengguna mengembangkan blog mereka. Mulai dari upload artikel, gambar atau membuat theme / tampilan blog lebih menarik. Semua tinggal klik and drag, itulah kemudahan yang ada di free blog provider sekarang ini.

Beberapa yang populer saat ini seperti : di http://www.multiply.com/ , di http://www.wordpress.com/ atau yang paling banyak di gunakan adalah di http://www.blogger.com/

Adapun cara membuat Blog itu sendiri adalah sebagai berikut, saya akan memaparkan sesuai dengan pengalaman saya pribadi waktu membuat blog ini. Agar lebih mempermudah bagi para pemula.

Seperti halnya email, kita harus membuat account dulu di provider Blog tadi. Secara umum tiap tiap provider Blog itu hampir sama step step nya. Kita tinggal mengikuti petunjuk step by step ketika mendaftar.

Biasanya setelah kita register kita dapat memulai posting atau mempublish sesuatu apapun yang kita inginkan ke dalam blog kita.


Karena saya menggunakan blogger.com maka secara detailnya untuk tahap pembuatannya akan saya sampaikan disini.

Hal pertama yang harus anda lakukan tentu membuka situs http://www.blogger.com/ tersebut. Kemudian disitu akan ada pilihan untuk Sign in atau membuat baru. Karena disini kita di anggap masih baru maka, kita pilih untuk menciptkan blog baru .
Pada halaman tersebut kita harus mengisi data untuk validasi. Biasanya kita harus punya account email dulu di Gmail, Google Groups, atau Orkut. Jika sudah kita login lewat email, maka kita harus mengisi data dan menerima persyaratan untuk mendaftar blooger. Nama yang akan kita tampilkan juga kita state di halaman tersebut.
Setelah kita selesai memberi nama blog, selanjutnya kita harus pilih template yang akan kita gunakan. Didalamnya akan banyak pilihan template yang bisa di ambil. Setelah terpilih template yang akan kita ambil, kita bisa lanjut untuk mulai publish di dalam blog ini. Karena blog anda telah terciptakan.
Kita bisa melakukan pengaturan, publish cerita atau artikel di dalamnya. Bahkan jika kita ingin mengganti theme nya pun sudah tersedia di dalamnya.

Tidak ada komentar: