Selasa, 23 Oktober 2007

Pengenalan Dan Definasi Multimedia

Pendahuluan :

Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital, Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur - unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).

Teknologi multimedia dipandang sebagai revolusi ketiga dalam teknologi informasi, setelah automasi (komputasi) dan internet (networking). Pada dasarnya teknologi informasi menciptakan, memproses, menyimpan, mengirim, dan menyajikan data digital. Kemampuan ini menghasilkan banyak aplikasi yang sangat bermanfaat. Yaitu :
1. Automasi memudahkan manusia melakukan pekerjaan rutin dan berat secara fisik.
2. Internet memperkaya sumber informasi sehingga interaksi dan kualitas keputusan
menjadi lebih cerdas.
3. Multimedia mengintegrasikan unsur keindahan, seni, dan ekspresi diri ke dalam
teknologi informasi. Kemampuan ini memungkinkan dihasilkan berbagai fungsi dan
layanan yang meningkatkan kualitas hidup manusia.


Komponen Multimedia :



Berdasarkan definisi Multimedia , terdapat 5 elemen atau media dalam sistem multimedia yang lengkap yaitu:
• Teks
• Grafik
• Audio
• Video
• Animasi


Secara umum:
Teks - Merupakan elemen untuk menyampaikan pesan. Mempunyai berbagai jenis dan bentuk tulisan yang berupaya memberi daya tarik dalam penyampaian pesan. Memberi penekanan bagi sesuatu isi kandungan yang ingin disampaikan.
Grafik - Merupakan elemen paling penting, memberi penekanan secara visual terhadap sesuatu pesan tertentu. Membantu menyampaikan pesan dengan lebih berkesan.Menjadikan penyampaian pesan dengan lebih menarik.
Audio - Membantu menyampaikan pesan dengan lebih berkesan (contoh: penggunaan suara latar). Membantu meningkatkan daya tarik terhadap sesuatu tayangan.
Video - Menyediakan kaedah penyaluran maklumat yang amat menarik dan hidup. Merupakan elemen atau media yang paling dinamik serta efektif dalam menyampaikan sesuatu pesan.Sebagai satu sumber penyimpanan pesan dan sumber rujukan yang berkesan.
Animasi - Berperanan memberikan / menyampaikan sesuatu pesan dengan lebih menarik. Mampu membantu dalam menerangkan suatu konsep yang kompleks dengan mudah.


Teknologi multimedia mampu membawa informasi audio visual secara terintegrasi ke dalam dunia digital. Ini pada gilirannya memungkinkan ekspresi ini diperkaya dan disebarluaskan dengan memanfaatkan teknologi prosesor, penyimpanan data, dan jaringan Internet yang terus berkembang.

Datangnya era teknologi multimedia memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk mengejar ketertinggalan di bidang industri dan bisnis teknologi informasi. Berbeda dengan kedua revolusi pertama (automasi dan internet) dimana bangsa–bangsa maju telah menanamkan kemampuan teknologi serta pengembangan usahanya, maka Indonesia saat ini mendapatkan kesempatan untuk masuk melalui revolusi ketiga ini. Peluang Indonesia ini diperkuat dengan kayanya konten multimedia yang bisa digali dari kultur Indonesia. Musik, video, animasi dan produk kultural Indonesia berpeluang untuk diekspor dalam format digital. Demikian pula, keindahan alam maupun kreasi Indonesia dapat didigitalkan. Kemampuan artistik dari tenaga ahli teknologi informasi Indonesia juga ternyata mampu bersaing dengan tenaga dari negara seperti India dan Cina.


Teknologi Multimedia boleh digunakan dalam berbagai bidang.

Bidang-bidang tersebut adalah :
Perniagaan
Pendidikan
Penyiaran
Hiburan.


* Penggunaan Multimedia Dalam Bidang Perniagaan.

Perniagaan memerlukan komunikasi, secara tradisinya dalam perniagaan boleh dilakukan secara :-
(a) Verbal
(b) Dari seorang ke seorang
(c) Dalam bentuk cetakan
(d) Menggunakan slide show
(e) Menggunakan video

Multimedia berupaya untuk meniru setiap cara komunikasi yang disenaraikan tadi serta dapat menggabungkannya supaya menjadi satu tarikan yang lebih menarik.
Aplikasi multimedia yang terlibat dalam bidang perniagaan ini termasuk
(a) penjualan(sales/market presentasi).
(b) Trade-show production
(c) Sistem latihan pekerja.
(d) Direct marketing
(e) Retail vending
(f) Point-of-sale information


* Penggunaan Multimedia Dalam Bidang Pendidikan.

Bidang pendidikan dilihat sebagai suatu bidang yangpaling layak untuk menggunakan teknologi multimeida. Komputer multimedia boleh menggabungkan animasi, video dan audio bersama-sama teks dan grafik, serta berkeupayaan untuk melaksanakan interaktiviti yang membolehkan proses pembelajaran dan pengajaran dilakukan dengan lebih berkesan. Dengan sistem multimedia, pihak pengajar boleh menegsan prestasi pelajar dengan memperolehi laporan setiap kali pelajar menggunakan bahan tersebut. Pendidikan juga boleh berlaku dirumah. Program pendidikan jarak jauh juga boleh dilaksanakan oleh institusi-institusi pengajian tinggi Malaysia untuk menggalakkan lebih ramai lagi rakyat mempunyai ijazah diperingkat lebih tinggi.



* Penggunaan Multimeida Dalam Bidang Penyiaran
Teknologi multimeida juga boleh dimanfaatkan dalam bidang penyiaran seperti :
(a) Pengiklanan
(b) Pembuatan cerita-cerita animasi dan stunt
(c) Peralatan audio dan video


* Penggunaan Multimedia Dalam Hiburan

Teknologi multimedia juga banyak digunakan dalam bidang hiburan.
Banyak permainan kini terdapat dalam bentuk CDROM dan mengandung elemen-elemen grafik, animasi, audio dan video. Namun pada pendapat saya bentukpermainan yang ganas dan tidak berfaedah perlu dibendung. Kini terdapat juga permainan yang mempunyai unsur-unsur pendidikan. Perkataan edutaiment dirujuk sebagai education dan entertaiment. Permainan semacam ini mengajar kita supaya membuat perancangan dengan teliti dan mengasah orak mengira dengan betul, sambil berhibur. Video-on-demand merupakan satu lagi aplikasi multimeida berupa hiburan. Pengguna boleh memilih mana-mana rancangan yang terdapat dalam perpustakaan rancangan-rancangan dan boleh menontonnya pada bila-bila masa yang dikehendaki. Pelanggan boleh mendapatkan segala sesuatu mengikuti cita rasa masing-masing asalkan ia terdapat didalam




referensi :

Fsksm, UTM